Senin, 01 November 2010

Sistem Proteksi Generator -- External fault

      Generator merupakan sumber energi listrik didalam sistem tenaga listrik, maka perlu diproteksi dari semua gangguan jangan sampai mengalami kerusakan karena kerusakan generator akan sangat mengganggu penyediaan tenaga listrik.

  Tetapi dilain pihak dari segi selektifitas pengamanan sistem diharapkan agar PMT generator tidak mudah trip terhadap gangguan dalam sistem, karena lepasnya generator dari sistem akan mempersulit jalannya oprasi sistem tenaga listrik.

                Gambar bagan Generator dengan Mesin penggerak  dan Medan Penguat :



PMT generator hanya boleh bekerja apabila ada gangguan yang tepat ada didepan generator didalam generator atau pada nesin penggerak generator. 

Proteksi generator terhadap gangguan eksternal
Penyebab gangguan utama dalam sistem adalah petir,  yang sering disambar petir adalah saluran udara transmisi dan saluran distribusi.
  Untuk menghadapi ganggaun diluar pusat listrik, maka PMT yang dipasang dari saluran dilengkapi dengan relay-relay.
  Untuk gangguan di rel yang langsung berhubungan dengan generator, maka relay arys lebih merupakan pengaman utama. Tetapi bila ada pengaman rel difrensial, maka relay arus lebih merupakan pengaman back-up.
  Gangguan diluar generator dapat menimbulkan arus urutan negatif, yang selanjutnya arus ini dapat menimbulkan pemanasan yang berlebihan pada generator. Oleh karena itu pada generator dengan daya besar dipakai relay urutan negatif.         
               
Perlindungan generator terhadap petir     

Distribusi tegangan yang disebabkan oleh surja tegangan antara lapisan dalam lilitan generator, menunjukkan nilai yang tertinggi dekat ujung keluar atau ujung titik netral lilitan. Untuk meratakan muka gelombang tegangan dan menyeragamkan distribusi tegangan pada gulungan generator, maka dipasang sebuah kapasitor  pelindung sebesar 0,1- 0,5 µF antara setiap terminal dan tanah.
  Untuk generator yang dihubungkan dengan saluran transmisi melalui transformator surja tegangan yang dialihkan dari sistegangan tinggi ke sisi tegangan rendah dari transformator mengandung komponen alih elektro-magnetik dan komponen alih elektrostatis
             Gambar bagan hubungan kapasitor pelindung generator


         Bila rangkaian tegangan rendah dihubungkan dengan rel fasa yang terisolasikan                       atau dengan kabel, maka pemasangan kapasitor pelindung tidak diperlukan karena tegangan elektrostatis cukup kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar